FPIK UNSOED Berpartisipasi dalam (FGD) Pembangunan Perikanan Budidaya Berkelanjutan, mendukung Ketahanan Pangan Nasional yang diselanggarakan KKP

Dekan FPIK Unsoed, Dr. Endang Hilmi, S,Hut., M.Si menghadiri agenda Forum Group Discussion (FGD) Pembangunan Perikanan Budidaya Berkelanjutan, mendukung Ketahanan Pangan Nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Kementrian dan Kelautan Perikanan (KKP)pada tanggal 10 – 11 Oktober 2023. Kegiatan FGD KKP,bertujuan mendorong Perguruan Tinggi saling bersinergi untuk mengembangkan Sub-sektor Perikanan budidaya agar berkelanjutan, produktif dan ramah lingkungan.

Pada paparannya Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, TB. Haeru Rahayu menyampaikan bahwa komoditas Sumberdaya perikanan potensial yang perlu dikembangkan diantaranya :udang, kepiting, lobster, nila salin dan rumput laut, kelima komoditas memiliki pangsa pasar yang tinggi sehingga berperan penting pada pertumbuhan ekonomi Indonesia serta meningkatkankesejahteraan masyarakat.Dalam perkembangannya, saat ini KKP sedang membangun “ModellingBudidaya Udang Berbasis Kawasan”yang terdapat di beberapa areaperairan di Indonesia.Dengan adanya program tersebut, diharapkan adanya dukungan dari Perguruan tinggiyang mendukung peningkatan Sumberdaya Manusianya, denganmencetak lulusan Sarjana Perikanan yang memiliki kemampuan secara teknis dan berkompeten, serta memiliki high order thinking skill”.

Acara dilanjutkan pemaparan Ketua Forum Pimpinan Perguran Tinggi Perikanan dan Kelautan (FP2TPK) Indonesia, Prof. Maftuchyang menyampaikan agar semua hadirin untuk siap dan berkomitmen mendukung kebijakan dan program Pembangunan Perikanan Budidaya. Diharapkan, Perguruan tinggidapat mengembangkan kurikulum berbasis kearifan lokal sesuai kebutuhan pasar saat ini. Selain itu, pentingnya menjaga kelestarian ekosistem selama mengembangkan perikanan budidaya yang produktif dan ramah lingkungan, memerlukan pengelolaan limbah dan teknologi terbarukan. (HI_Read).

 
 
 

Contact us

Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan
Universitas Jenderal Soedirman
Jl. Dr. Soparno, Komplek GOR Soesilo Soedarman
Karangwangkal Purwokerto 53122

Telp/fax: (0281) 642360
email : fpik.unsoed@gmail.com
 

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.