Tim FPIK UNSOED Menjawab Permasalahan seputar Produktivitas Kerang Hijau di Kabupaten Brebes melalui Penelitian

Hari Rabu pagi 12 Januari 2022, tim peneliti dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNSOED yang diketuai oleh Dr. Dyahruri Sanjayasari, M.Si bersama tim yaitu ibu Sesilia Rani Samudra, M.Si dan empat orang mahasiswa tiba di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Pada kunjungan penelitian ini tim riset FPIK UNSOED berusaha menginvestigasi permasalahan seputar produktivitas kerang hijau di Kabupaten Brebes. Terdapat 3 lokasi pusat kajian pada penelitian yaitu pada Kecamatan Bulakamba, Kecamatan Wanasari dan Kecamantan Brebes.

Latar belakang penelitian ini berawal dari diskusi ringan dengan mitra pembudidaya kerang hijau di Desa Grinting dan Sigempol yang menyampaikan perolehan benih kerang yang tidak stabil di wilayah tersebut pada setiap musimnya. Hal ini diperkuat dengan informasi yang diperoleh dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Brebes yang mengharapkan adanya kerjasama dalam bidang penelitian maupun pengabdian sebagai upaya oprimalisasi produksi kerang. 
 
Keingintahuan tersebut berusaha untuk dijawab oleh Dr. Dyahruri dan tim melalui penelitian yang berjudul “Pertumbuhan kerang hijau (Perna viridis) berdasarkan karakteristik perairan di Kabupaten Brebes: Upaya optialisasi produksi kerang di Indonesia”. Penelitian ini didanai oleh e-Rispro LPDP Indonesia tahun anggaran 2021-2022 dan bermitra dengan kelompok pembudidaya kerang wilayah setempat. 
 
Selama kegiatan sampling penelitian, pihak mitra sangat kooperatif dan support terhadap tim peneliti. Kegiatan sampling diawali di Desa Kec. Bulakamba, kemudian Kec.Wanasari dan di akhiri pengambilan sampel di Kec. Brebes. Sampel yang diperoleh kemudian di bawa ke laboratorium FPIK UNSOED untuk pengamatan lebih lanjut. Kegiatan penelitian ini masih berlanjut hingga 7 bulan ke depan. Semoga penelitian ini dapat memberikan manfaat khususnya untuk para pembudidya kerang di Kabupaten Brebes dan sebagai upaya optimalisasi produksi kerang di Indonesia. 
 
 
 

Contact us

Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan
Universitas Jenderal Soedirman
Jl. Dr. Soparno, Komplek GOR Soesilo Soedarman
Karangwangkal Purwokerto 53122

Telp/fax: (0281) 642360
email : fpik.unsoed@gmail.com
 

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.